Thursday, April 16, 2009

Smart Mind Center

Smart Mind center sebagai unit dari Klinik Taman Anggrek yang menghimpun para ahli di bidang "Mind Science" (dokter spesialis kedokteran jiwa dan perilaku, psikolog dan peneliti HRD) untuk menerapkan ilmu tersebut bagi kemajuan masyarakat pada umumnya, dan khususnya dalam "Mental Capacity Development", sehingga masyarakat mampu menghadapi tantangan era informasi dan globalisasi ini dengan baik dan sukses.

"Mental Capacity" adalah tingkat kemampuan mental individu untuk mengarahkan segala sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai suatu kinerja tertentu, baik sumber daya dari dirinya sendiri maupun dari lingkungannya. Ada 5 variabel dari "Mental Capacity" yang mampu dinilai melalui instrumen TKMI (Tes Kesehatan Mental Indonesia), dengan merajuk pada Howard Gardner (2008):

  1. Creating Mind
  2. Synthesizing Mind
  3. Respectful Mind
  4. Discipline Mind
  5. Ethical Mind
Dalam tes ini dinilai juga Kepribadian Dasar (Personality Traits) dengan variabel:
  1. Openness
  2. Conscientiousness
  3. Extraversion
  4. Agreeableness
  5. Neuroticism
Untuk pemeriksaan pada kelompok-kelompok dengan jumlah besar dalam waktu singkat, SMC mengembangkan TKMI-SCANNER yang mampu mengolah data 50 responden per menit, dan langsung dapat merangking skor-skor yang dihasilkan dari program MMPI-2, TKMI-D dan TKMI-A. Sehingga pilihan aplikas menjadi lebih luas cakupannya dalam waktu yang singkat dengan memanfaatkan teknologi informasi yang mutakhir (Digital Mark Reader).

Sebagai tindak lanjut dari "Mental Capacity Assessment" dengan TKMI, Smart Mind Center telah berhasil pula mengembangkan program pelatihan:

  1. Mental Capacity Development Program untuk masyarakat dan instansi yang membutuhkan pemberdayaan SDM dengan memanfaatkan "Mind Science"
  2. Psikoterapi berbasis "Mind Science" (MIND THERAPY) untuk tenaga profesional yang akan melayani konseling atau psikoterapi sebagai tindak lanjut dari penilaian TKMI dengan temuan kondisi dan profil tertentu. Mereka membutuhkan ketrampilan khusus dalam melayani psikoterapi dan konseling terhadap kasus-kasus tersebut. Psikoterapi berbasis "Mind Science" (MIND THERAPY) diformulasikan dengan mensintesis dari Neuroscience, Evolutionary Psychology, dan Philosophy of Human Being, sehingga lebih kokoh dasar ilmiahnya, dekonstruksi mitos-mitos lama, dan disesuaikan dengan kondisi budaya masyarakat Indonesia.

SMART MIND CENTER

Taman anggrek, Slipi, Jakarta, menyediakan layanan sebagai berikut :

  1. Masyarakat yang membutuhkan konsultasi, konseling dan pengobatan masalah kejiwaan (stress, depresi, dll)
  2. Perusahaan/instansi yang membutuhkan penilaian dan intervensi kapasitas mental (Mental Capacity Development Program)
  3. Profesi psikologi Klinis yang membutuhkan keterampilan dalam menggunakan instrumen MMPI-2
  4. Profesi Psikiatri (Psikiater) yang membutuhkan instrumen TKMI dan keterampilan dalam MIND THERAPY
  5. Seminar dan Workshop untuk masyarakat yang membutuhkan pengetahuan "Mind Science" dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan sehari-harinya

0 comments:

Followers

About This Blog

  © Free Blogger Templates Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP